Minggu, 06 Oktober 2013

BIOAKTIFITAS SENYAWA TERPENOID PADA BATANG TUMBUHAN KECAPI

Kecapi (Sandoricum koetjape Merr) adalah tumbuhan obat dari famili Meliaceae yang merupakan tumbuhan asli kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, dan Laos Selatan (Ismail et al., 2003). Nama lain dari tumbuhan kecapi di Indonesia adalah sentul, santu, sentulu dan ketuat.

Akar dan daun tumbuhan kecapi berkhasiat sebagai obat keputihan dan obat mulas, daunnya digunakan untuk obat batuk. Selanjutnya tumbuhan kecapi juga digunakan untuk mengobati sakit mata dan obat panas (Tinggen, 2000). Masyarakat tradisional Malaysia menggunakan ekstrak kulit batang kecapi untuk pemulihan tenaga setelah melahirkan (Nassar et al.,2010). Beberapa penelitian tentang fitokimia dan sifat farmakologis dari tumbuhan kecapi telah dilaporkan. Berbagai senyawa bioaktif telah diisolasi dari buah, biji, daun dan kulit batang tumbuhan kecapi, diantaranya sebagai anti-feedant (Powell et al., 1991), antiinflamasi (Rasadah et al., 2004) dan baru-baru ini Nassar et al. (2011) melaporkan bahwa tumbuhan kecapi menunjukkan aktivitas sebagai anti angiogenik yang sangat penting dalam terapi kanker.


Ttriterpenoid adalah kelompok senyawa bahan alam turunan terpenoid dengan kerangka karbon yang dibangun oleh enam C-5 yang di sebut unit isopren (2-metilbuta-1,3-diene). Triterpenoid yang tersebar luas adalah triterpenoid pentasiklik. Lebih dari sepuluh senyawa triterpenoid telah di isolasi dari tumbuhan kecapi, hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan kecapi kaya akan senyawa triterpenoid (Nassar et al., 2010).

Senyawa golongan triterpenoid menunjukkan aktivitas farmakologi yang signifikan, seperti anti-viral, anti-bakteri, anti-inflamasi, sebagai inhibisi terhadap sintesis kolesterol dan sebagai anti kanker (Nassar et al., 2010). Lage et al.,(2010) menyatakan bahwa senyawa terpenoid dari spesies tumbuhan Euphorbia memberikan aktivitas anti tumor. Selanjutnya senyawa terpenoid yang di isolasi dari tumbuhan Nardophyllum bryoides menunjukkan aktivitas sitotoksik terhadap sel pangkreatik adenokarsinoma manusia (Sanchez et al.,2010).

PERMASALAHAN :
seperti pada artikel saya diatas bahwa Lebih dari sepuluh senyawa triterpenoid telah di isolasi dari tumbuhan kecapi, hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan kecapi kaya akan senyawa triterpenoid Beberapa penelitian tentang fitokimia dan sifat farmakologis dari tumbuhan kecapi telah dilaporkan bahwa berbagai senyawa bioaktif yang telah diisolasi dari buah, biji, daun dan kulit batang tumbuhan kecapi, memiliki banyak manfaat yang besar diantaranya sebagai anti-feedant (Powell et al., 1991), antiinflamasi (Rasadah et al., 2004) dan baru-baru ini Nassar et al. (2011) melaporkan bahwa tumbuhan kecapi menunjukkan aktivitas sebagai anti angiogenik yang sangat penting dalam terapi kanker. Yang ingin saya tanyakan bagaimana proses keterlibatan bioaktivitas senyawa terpenoid yang begitu kaya dalam tumbuhan kecapi, sehingga tumbuhan kecapi dapat menunjukkan aktivitas sebagai anti angiogenik (kemampuan untuk mengurangkan pertumbuhan pembuluh darah yang tidak diingini atau menhambat pertumbuhan pembuluh darah baru ) yang sangat penting dalam terapi kanker?

4 komentar:

  1. Saya akan mencoba menanggapi permasalahan Anda..

    Proses keterlibatan bioaktivitas senyawa terpenoid dalam tumbuhan kecapi sehingga dapat menunjukkan aktivitas sebagai anti angiogenik yang sangat penting dalam terapi kanker itu di jalankan sesuai Mekanisme kerja antibakteri pada umumnya, yaitu menghambat pertumbuhan bakteri dengan cara mengiritasi dinding sel, kemudian senyawa bioaktif tersebut akan menggumpalkan protein bakteri sehingga terjadi reaksi hidrolisis dan rekasi difusi cairan sel yang disebabkan karena perbedaan tekanan osmose.

    semoga membantu...

    BalasHapus
  2. baiklah saya akn mencoba menjawab pertanyaan anda : dimana seperti sudah kita ketahui bahwa kandunagn dari tumbuhan kecapi, tau pun salah satu dari golongan terpenoid(triterpenoid) memiliki sifat seperti anti bakteri, dmna dia bekerja untuk menghambat banyaknya bakteri lagi dg mengiritasi dinding sel bakteri tersebut, kemudian dia akan menghambat keutuhan permeabilitas dinding sel bakteri itu, setelah itu senyawa bioaktif tersebut mengumpulkan bakteri dan terbentuk reaksi hidrolisis dan difusi cairan sel,cara kerja y demikian membuat terhambatnya kerja sel kanker..., maka dari itu daun kecapi digunakan sebagai terapi kanker..

    BalasHapus
  3. Titanium Arrows - Home / Tabletop / Tabletop / Tabletop / Tabletop / Tabletop
    Shop does titanium have nickel in it for Titanium Arrows at TITaniumArts. Find titanium men\'s wedding band quality titanium mens wedding band tabletop, tabletop models, and tabletop products from our men\'s titanium wedding bands wide selection of tabletop fram titanium oil filter products.

    BalasHapus